TUGAS TULISAN IBD

“Pandangan Hidup sebagai Pribadi dan Warga Negara”

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh :

  • KARTIKA NURRAHMAH (1EA04/14212032)

 

Pandangan Hidup/Ideologi Demokrasi Liberal

  1. Pandangan hidup sebagai pribadi/individu.

Demokrasi liberal lebih menekankan pada kebebasan dalam berpendapat dan berperilaku.Jika ideologi ini dianut oleh individu/pribadi akan menjadikan seorang individu yang berpikir bebas dan berperilaku bebas.Dia akan melekukan apapun yang dia suka asal,menurutnya tidak merugikan orang lain.

  1. Pandangan hidup sebagai warga negara

Demokrasi liberal lebih menekankan pada pengakuan terhadap hak-hak warga negara, baik sebagai individu ataupun masyarakat. Dan karenanya lebih bertujuan menjaga tingkat represetansi warganegara dan melindunginya dari tindakan kelompok atau negara lain.Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama. definisi singkat dari liberlisme itu sendiri cukup sulit untuk dipaparkan dalam sebuah bentuk kalimat, namun kita bisa mencoba menggaris bawahi makna penting dari liberlisme itu sendiri dimana paham ini labih jauh berbicara mengenai kebebasan, yang baik gagasan tentang negara konstitusional yang dilandaskan pada kedaulatan hukum dalam demokrasi, perlindungan atas hak milik pribadi dalam praktek kapitalisme modern, serta perlindungan atas kebebasan individu melalui gagasan besar tentang civil liberties kesemuanya adalah bagian dari kebajikan umum yang lahir dari filsafat liberal. Akan tetapi demokrasi liberal bukan berarti dengan semudah itu melakukan klaim-klaim positif atas ideologinya karena banyak pertentangan yang memang sampai saat ini tetap demonstratif dalam menentang demokrasi liberal anatara lain datang dari pemikiran strukturalisme atau marxisme yang beranggapan antara lain struktur kapitalisme global yang tidak adil dan eksploitatif yang menciptakan tatanan ekonomi dan sosial yang bersifat konfliktual dan disharmonis juga mereka melihat bahwa ketimpangan kesejahteraan yang sangat besar antara negara maju dan negara berkembang. Keterlambatan dan kegagalan pembangunan negara-negara Dunia Ketiga yang menyebabkan terciptanya pembangunan global yang tidak merata.

 

 

TANGGAPAN

Di indonesia telah menganut sistem demokrasi.Tetapi memiliki ideologi pancasila.pada sistem demokrasi diakui adanya kebebasan berpendapat.tapi tidak seperti ideologi pada liberal,yang mengakui kebebasan mutlak.Indonesi masih membatasi beberapa hal dengan peraturan perundang-undangan.Sehingga menurut saya,jika demokrasi liberal diterapkan diindonesia,masih kurang cocok dengan negara kita,walaupun saat ini sudah banyak praktek liberalisme dengan kedok demokrasi.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://pangisyarwi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=62:demokrasi-liberal-dalam-konteks-negara&catid=8:makalah&Itemid=103